DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-68

 

Kamis, 15 Agustus 2013

Kami Paskibraka Sukoharjo 2013

1 komentar
Assalamu'alaikum wr wb
Sebagai umat beragama tak lupa kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT, yang telah memberikan kesehatan, rahmat, dan hidayahnya kepada kita. Sehingga kita dapat bertemu di postingan ini.






Baiklah postingan saya kali ini adalah tentang Paskibraka Sukoharjo 2013 yang sedang saya ikuti sekarang-sekarang ini. Saya tidak akan bercerita panjang lebar, akan tetapi hanya akan memberikan gambaran sedikit saja tentang pelatihan di dalamnya dengan menjelaskan foto-foto tersebut dibawah.


Pelatihan biasanya diawali dengan senam peregangan, Seat Up, Push Up, lari-lari, dll yang biasa disebut BINSIK (Binaan Fisik).



Selanjutnya kita diberikan latihan masuk lapangan dan keluar lapangan dengan formasi paskibraka, sekiranya cukup dan sudah lumayan bagus baru kami di istirahatkan untuk menikmati susu-susu ini ni. Biasanya susu-susu ini dateng gak sendiri, tapi ditemani dengan snack ringan yang sangat baik untuk menambah tenaga latihan selanjutnya.


Setelah perut terisi susu dan diganjal snack, kami lakukan latihan pengibaran dan penurunan bendera lagi.Seperti yang anda saksikan di foto samping kanan ini, bahwa kamu latihan di siang hari yang panas dan tentu saja ditemani keringat-keringat yang bercucuran. Namun begitu kami tetap bersemangat, karena pelatih kami telah mengajarkan bagaimana bersahabat dengan matahari dan kawan-kawannya.

  


Latihan pengibaran dan penurunan tak semudah yang kita bayangkan. Karena kami harus samakan langkah dengan hampir 80 orang. Ya, kalau kesalahan jangan tanya deh. Pasti yang namanya pelatihan akan banyak kesalahan. Kalau sudah bertemu dengan kesalahan, walaupun itu hanya satu orang. Hukuman dari pelatih sudah menanti. Seperti Push UP, lari memutari alun-alun dll. Pokoknya semua hukuman sangat berat, tapi juga sangat sarat manfaat.





Setelah latihan sudah mencapai pukul 12 siang, kami berhenti untuk istirahat sholat, dan makan (ISHOMA). Ya seperti yang anda bayangkan, semua di Paskibraka Sukoharjo 2013 serba diatur. Kini saat makanpun kami diatur, kami harus berurutan, dan harus menghormati makanan-makanan yang akan kami santap. Biasanya gini nih ucapannya. "Kepada nila goreng, oseng-oseng tempe, bergedel, dan jeruk mlenuk-mlenuk. Hormaaaaaaaaat......graaaakkk". hahaha :D

Bukan hanya latihan yang kami lakukan, tapi juga pembinaan individu seperti foto disamping. Pak SekDa selaku panitia Hut Proklamasi Ke-68 memberikan  pengarahan tentang apa yang harus kami lakukan. Dan memberikan motivasi-motivasi kepada kami.




Baiklah untuk latihan terakhir kami adalah pada saat gladi bersih. Disini kami sudah memakai seragam kebanggaan kami putih-putih.

Yang anda saksikan disamping ini adalah Gladi Pengukuhan Paskibraka. Ya, mungkin dalam bahasa singkatnya latihan pelantikanlah. 

Dalam Gladi bersih ini kami benar-benar diuji fisik dan mental. Karena waktu yang kami lewati adalah dengan berdiri tegak dan tidak boleh bergoyang sedikitpun.

Tak ayal banyak juga yang mengaku kakinya panas, pinggang sakit, kaki pegel-pegel begitupun saya. hehe :D

Tapi meskipun begitu, teman-teman saya dan juga saya pribadi tetap bertahan. Karena kami tahu, yang kami lakukan ini belum seberapa dengan apa yang dilakukakn para pahlawan pada zaman dahulu hanya untuk mengibarkan Sang Merah Putih.

Baiklah demikian ulasan sedikit saja tentang PASKIBRAKA SUKOHARJO 2013, jika ada salah kata salah ucap saya mohon maaf. 

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA, MERDEKA !!!!!!

Selasa, 30 Juli 2013

Cara paling cepat dan efektif terbaru untuk unfollow orang-orang yang tidak followback twiiter kita

0 komentar
Pernah merasa kesal karena follower berkurang dan ingin tahu siapa yang unfollow. Pada tulisan kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara cepat unfollow orang-orang yang tidak follow back twitter kita.







Jika kita melakukan cek satu persatu pasti akan memakan waktu lama apalagi kalau followers/following Twitter kita sudah mencapai ribuan.

Lalu bagaimana cara unfollow orang-orang yang tidak follow back dengan cepat dan tentu saja sangat mudah untuk dilakukan. Caranya ada di bawah ini  :

1. Buka website http://www.manageflitter.com.

2. Lalu klik start, tunggu sebentar dan kemudian klik connect to Twitter.

3. Hubungkan website tersebut dengan akun twitter kita.

4. Jika sudah, silakan tunggu beberapa saat. Karena ManageFlitter sedang memilah orang-orang yang tidak follow back.

4. Jika sudah 100%, maka akan ditampilkan siapa saja orang-orangnya, cara unfollow-nya silakan klik akun-akun tersebut lalu pilih 'Unfollow x Selected'

Berhasil, maka sekarang kita tidak perlu dipusingkan dengan hal diatas lagi. Selain mengetahui orang yang tidak follow back, kita juga bisa mengetahui akun tanpa profile image, akun yang tidak aktif, akun yang jarang aktif, sampai akun yang terlalu sering 'berkicau' di Twitter.

ManageFlitter membatasi kita dalam melakukan unfollow hanya 100 orang setiap harinya, namun kita bisa meningkatkannya hingga menjadi 2 ribu, bagaimana caranya? silahkan ikuti pentunjuk di ManageFlitter.

Minggu, 28 Juli 2013

Biodata Frank James Lampard (dalam bahasa inggris) lengkap + foto wallpaper shoot terbaru

0 komentar
Full name: Frank James Lampard
Date of birth: June 20, 1978 (age 34)
Place of birth: Romford, London, England
Height: 184 cm
Position: Midfielder
Back number: 8
Club: Chelsea

Full Profile Frank Lampard - Frank James Lampard is a footballer who was born on June 20, 1978 in Romford, London, England. Currently he inhabits club Chelsea and the England national team. Original position is midfielder Lampard.

Lampard began his junior career at West Ham United's football academy and continued there senior career from 1995 to 2001. He once loaned to Swansea City for one year.

He is a senior player who is known as one of the best footballers in the UK. With Chelsea, he has won three Premier League titles, four FA Cups, two League Cups and the Community Shield and one-time Champions League last season.

Junior career
1994-1995: West Ham United
Senior career
1995-2001: West Ham United, appearances (187), goals (39)
1995-1996: Swansea City (loan), Appearance (9), Gol (1)
2001 -????: Chelsea, appearances (603), goals (201)
International career
1997-2000: England U21, appearances (16), goals (9)
1999 -????: English, appearances (95), goals (26)
Achievement
West Ham United
UEFA Intertoto Cup (1): 1999\
Chelsea
FA Premier League (3): 2004-05, 2005-06, 2009-10
FA Cup (4): 2006-07, 2008-09, 2009-10, 2011-12
Football League Cup (2): 2004-05, 2006-07
FA Community Shield (2): 2005, 2009
UEFA Champions League (1): 2011-12














Minggu, 07 Juli 2013

Indrayanti sensasi pantai kute di jogja

0 komentar
Assalamu'alaikum wr wb...

Sebelumnya kita sebagai umat beragama mari kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan segala nikmatnya kepada kita sehingga dapat berjumpa di postingan ini.

Kali ini catatandhian mau cerita sedikit tentang kegiatan mlancong yang kami laksanakan kemarin pada 7 juli 2013 di pantai pasir putih Indrayanti. Disini kami cuma pengen ngasih gambaran detail sedikit tentang apa yang kami rasakan saat berada di pantai idaman para tlaveler ini.

Oke kita mulai nih,

1. PASIR PUTIH
Memang benar disana pasirnya putih, mungkin karena daerah karst kali ya. Pasir putih yang membentang sepanjang pantai ini gak sendiri men. Mereka ditemani dengan payung-payung teduh yang disewakan berjajar di sepanjang patai pula dengan sewa sebesar 20.000 ( lebih murah 5000 dari parangtritis ) kita bisa menikmati pemandangan dari bawah payung ini tanpa harus kepanasan. Mantep gak tuh ?







2. KARANG
Di pantai-pantai lain biasanya kita sekali njebur langsung ketemu ombak nih, kalo di Indrayanti ini beda, in here kita langsung disambut karang-karang yang seakan menyambut untuk di sentuh oleh telapak kaki kita. Tapi hati-hati nih, karena banyak juga yang kesakitan saat lewat disini. Ya karena itupula para tlaveler menikmati ombak sambil mencari ikan kecil disana.










 3. BUKIT
Seperti pantai di gugusan Gunungkidul pada umumnya, di pantai Indrayanti ini anda bisa menikmati pemandangan yang super luar biasa dari atas bukit. Gausah bayar, ya cuman kasih uang suka rela aja ya. Mungkin kalo anda belum kesana anda harus mencoba naik bukit di sebelah kiri pantai ini, oke punya soy !



 

 

4. BERSIH
Pantai yang sudah menjadi jajakan wajib tlaveler ini yang konon dikelola oleh swasta, jadi ya kebersihannya sangat bisa terjaga. Dan bagi anda yang maen kesana jangan sampai buang sampah ya, kalo sampe buang sampah ya berarti anda merusak kekayaan alam insonesia donk ! Nanti pasti anda akan mendengar tuh di tugu pemancar yang mewanti-wanti anda untuk membuang sampah pada tempatnya. Kalo yang ngeyel ya bisa dibuang kau ! haha




5. OLEH-OLEH
Oke tadi kita kan ceritanya udah sewa payung teduh tu, pasti kalo udah duduk manis disana kita dihampiri sama para pedagang yang wara-wiri di sepanjang pantai nih. Mereka menjajakan oleh-oleh, ya meskipun gak mewah tapi rasa boleh diadulah soy. Seperti peyek undur-undur, rumput laut, gantungan kura-kura dll. Mau nyari makanan lokal ? ada juga kayak arem-arem, sosis, bakpao, kacang. Trus mau nyari yang agak mengganjal perut ? Anda bisa pesen tuh mi ayam, dianter ke payung teduh anda lo. Kalo masih nekat laper juga, makan aja sama mangkok"nya. hahaha

6. POTENSI WISATA
Di pantai Indrayanti ini memang luar biasa, selain mirip-mirip suasananya dengan pantai kute disini juga bisa digunakan untuk kegiatan lainnya. Seperti hunting foto (karena pemandangannya dan tata pantai yang baik) piknik (anda dapat berpesta pantai di payung teduh) main air (anda bisa nyari ikan dan main air dengan ombak yang lumayan) refresing (bagi anda yang penat kerja, atau jomblo cocok buat nyuci mata dan nyuci kepala) dan pacaran (ini paling pas, ya walaupun ramai tapi romantis. karena didukung dengan pasir putih dan kekayaan alam yang bisa menjadi rayuan. hehe)






Nah demikian nih sedikit ulasan di Indrayanti Beach Like Kute beach "Bali". Terimakasih atas kunjungannya, baca juga artikel kami yang lain ya :)

Wassalamu'alaikum wr wb

Jumat, 14 Juni 2013

Biodata lengkap Nabila JKT48 + Foto hot shoot

1 komentar
Nih ane kasih buat elu-elu pade yang ngepens berat ama Foto hot Nabila JKT48. Disini gue sama rekan-rekan cuman mau ngasih pesenannya para fans Nabila, jadi yang tidak berkenan dengan artikel ini mohon angkat kaki sekarang juga !! haha...

Nih yang mau tau Biodata lengkap dari Nabila JKT48 :

Nama                            : Nabila Ratna Ayu Azalia
Nama panggilan            : Ayu-Chin
Tinggi badan                  : 148

Hobi                              : Bernyanyi, Menari, Akting, Traveling
Warna favorit               : Merah, Pink
Grup favorit                  : AKB48, Truth, Bring Me The Horizon dll 
Lagu favorit                  : AKB48 - HEAVY ROTATION
Member favorit AKB48 : Oku manami, Minami takahashi


Bukan cuma biodata yang kita kasih, nih lalap semua fotonya bro !!!















Terimakasih atas kunjungannya, semoga sehat selalu !!
tinggalkan komentar jika anda suka ngomen ! :DD

Kamis, 13 Juni 2013

Contoh Makalah geografi ( Hidrosfer )

0 komentar


KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr.Wb
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah ini dapat diselesaikan. Tidak lupa salawat serta salam semoga selalu tercurah dan terlimpah kepada junjungan kita Besar Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan safaatnya di hari kiamat nanti


 “Tiada gading yang tak retak”. Begitu juga dalam pembuatan makalah ini. Kami menyadari bahwa banyak kesalahan dan kekurangannya. Oleh karena itu, saran dan kritik dari guru pengampuh dan teman-teman sangat kami harapkan guna penyempurnaan makalah ini.
Akhirul kalam,
Wassalamualaikum Wr. Wb.


BAB 1
PENDAHULUAN
A. latar belakang

Dalam kehidupan sehari-hari kita memerlukan air bersih untuk minum, memasak, mencuci dan keperluan lain. Air tersebut mempunyai standar 3 B yaitu tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak beracun. Tetapi adakalanya kita melihat air yang berwarna keruh dan berbau serta sering kali bercampur dengan benda-benda sampah seperti kaleng, plastik, dan sampah organic. Pemandangan seperti ini kita jumpai pada aliran sungai atau dikolam-kolam. Air yang demikian biasa disebut air kotor atau disebut pula air yang terpolusi.Darimana polutan itu berasal ?Bagi kita, khususnya masyarakat pedesaan sungai adalah sumber air sehari-hari. Sumber polutan dapat berasal dari mana-mana. Contohnya limbah-limbah industri dibuang dan dialirkan ke sungai. Semua akhirnya bermuara di sungai dan pencemaran polutan air ini dapat merugikan manusia bila manusia mengkonsumsi air yang tercemar. Maka dari itu kelompok kami ingin membahas upaya pencegahan pencemaran air melalui makalah ini.
B.  Rumusan Masalah
-          Apa itu hidrosfer?
-          Apa yang dimaksud dengan siklus hidrosfer?
-          Bagaimana terjadinya siklus hidrosfer?
-          Apa saja jenis-jenis air?
-          Apa yang dimaksud pencemaran?
-          Bagaimana terjadinya pencemaran air?
-          Apa saja macam-macam pencemaran air?
-          Apa yang menjadi sumber atau penyebab pencemaran air?
-          Apa upaya penanggulangan pencemaran air?

C. Tujuan

Tujuan penulisan makalah ini pada dasarnya ialah yang pertama merupakan syarat mengikuti ujian mata kuliah “Fisika Lingkungan” yang di asuh oleh Ibu Dosen Derty mulyana, M.Pd. Namun dari sisi lain kami juga ingin mengetahui bagaimana upaya pemecahan masalah dalam penanggulangan pencemaran air. Sehingga kami dapat mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian kami, dan dapat menggunakan cara – cara dalam upaya pemecahan masalah pencemaran air tersebut dalam kehidupan bermasyarakat.

D.  Metode
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode literature.






BAB 2
PEMBAHASAN
A. Pengertian Hidrosfer
Hidrosfer adalah lapisan air yang ada di permukaan bumi. Kata hidrosfer berasal dari kata hidros yang berarti air dan sphere yang berarti lapisan. Hidrosfer di permukaan bumi meliputi danau, sungai, laut, lautan, salju atau gletser, air tanah dan uap air yang terdapat di lapisan udara.

B. Siklus Hidrosfer



Siklus hidrosfer disebut juga siklus hidrologi. Siklus hidrologi adalah suatu proses peredaran atau daur ulang air secara berurutan dan terus-menerus. Pemanasan sinar matahari menjadi pengaruh pada siklus hidrologi. Air di seluruh permukaan bumi akan menguap bila terkena sinar matahari. Pada ketinggian tertentu ketika temperatur semakin turun uap air akan mengalami kondensasi dan berubah menjadi titik-titik air dan jatuh sebagai hujan.

Siklus hidrologi dibedakan menjadi tiga, yaitu siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang.

- Siklus Pendek / Siklus Kecil
1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari
2. Terjadi kondensasi dan pembentukan awan
3. Turun hujan di permukaan laut

- Siklus Sedang
1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari
2. Terjadi kondensasi
3. Uap bergerak oleh tiupan angin ke darat
4. Pembentukan awan
5. Turun hujan di permukaan daratan
6. Air mengalir di sungai menuju laut kembali
- Siklus Panjang / Siklus Besar
1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari
2. Uap air mengalami sublimasi
3. Pembentukan awan yang mengandung kristal es
4. Awan bergerak oleh tiupan angin ke darat
5. Pembentukan awan
6. Turun salju
7. Pembentukan gletser
8. Gletser mencair membentuk aliran sungai
9. Air mengalir di sungai menuju darat dan kemudian ke laut

C. JENIS – JENIS AIR

Air merupakan sumber kehidupan yang tidak dapat tergantikan oleh apa pun juga. Tanpa air manusia, hewan dan tanaman tidak akan dapat hidup. Air di bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu :

1. Air Tanah

Air tanah adalah air yang berada di bawar permukaan tanah. Air tanah dapat kita bagi lagi menjadi dua, yakni air tanah preatis dan air tanah artesis.

- Air Tanah Preatis
Air tanah preatis adalah air tanah yang letaknya tidak jauh dari permukaan tanah serta berada di atas lapisan kedap air / impermeable.

- Air Tanah Artesis
Air tanah artesis letaknya sangat jauh di dalam tanah serta berada di antara dua lapisan kedap air.

2. Air Permukaan

Air pemukaan adalah air yang berada di permukaan tanah dan dapat dengan mudah dilihat oleh mata kita. Contoh air permukaan seperti laut, sungai, danau, kali, rawa, empang, dan lain sebagainya. Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

- Perairan Darat
Perairan darat adalah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa, danau, sungai, dan lain sebagainya.

- Perairan Laut
Perairan laut adalah
 air permukaan yang berada di lautan luas. Contohnya seperti air laut yang berada di laut.







D. Pencemaran air

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Pemanfaatan terbesar danau, sungai, lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata.Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi, badai, gempa bumi dan lain-lain juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air, hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran.

Pencemaran air merupakan masalah global utama yang membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan sumber daya air pada semua tingkat (dari tingkat internasional hingga sumber air pribadi dan sumur). Air biasanya disebut tercemar ketika terganggu oleh kontaminan antropogenik dan ketika tidak bisa mendukung kehidupan manusia, seperti air minum, dan/atau mengalami pergeseran ditandai dalam kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik, seperti ikan. Fenomena alam seperti gunung berapi, algae blooms, badai, dan gempa bumi juga menyebabkan perubahan besar dalam kualitas air dan status ekologi air.

PENYEBAB DAN AKIBAT PENCEMARAN AIR
1.  Penyebab pencemaran air
Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
  • Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi.
  • Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.
  • Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.
  • Seperti limbah pabrik yg mengalir ke sungai seperti di sungai citarum
  • pencemaran air oleh sampah
  • Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan
2.  Akibat pencemaran air
  • Dapat menyebabkan banjir
  • Erosi
  • Kekurangan sumber air
  • Dapat membuat sumber penyakit
  • Tanah Longsor
  • Dapat merusak Ekosistem sungai
  • Kerugian untuk Nelayan.
E. Upaya Penanggulangan Pencemaran Air
Untuk mencegah agar tidak terjadi pencemaran air, dalam aktivitas kita dalam memenuhi kebutuhan hidup hendaknya tidak menambah terjadinya bahan pencemar antara lain tidak membuang sampah rumah tangga, sampah rumah sakit, sampah/limbah industri secara sembarangan, tidak membuang ke dalam air sungai, danau ataupun ke dalam selokan. Tidak menggunakan pupuk dan pestisida secara berlebihan, karena sisa pupuk dan pestisida akan mencemari air di lingkungan tanah pertanian. Tidak menggunakan deterjen fosfat, karena senyawa fosfat merupakan makanan bagi tanaman air seperti enceng gondok yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air.

Pencemaran air yang telah terjadi secara alami misalnya adanya jumlah logam-logam berat yang masuk dan menumpuk dalam tubuh manusia, logam berat ini dapat meracuni organ tubuh melalui pencernaan karena tubuh memakan tumbuh-tumbuhan yang mengandung logam berat meskipun diperlukan dalam jumlah kecil. Penumpukan logam-logam berat ini terjadi dalam tumbuh-tumbuhan  karena terkontaminasi oleh limbah industri. Untuk menanggulangi agar tidak terjadi penumpukan logam-logam berat, maka limbah industri hendaknya dilakukan pengolahan sebelum dibuang ke lingkungan.
Proses pencegahan terjadinya pencemaran lebih baik daripada proses penanggulangan terhadap pencemaran yang telah terjadi.

Pengolahan limbah
Limbah industri sebelum dibuang ke tempat pembuangan, dialirkan ke sungai atau selokan hendaknya dikumpulkan di suatu tempat yang disediakan, kemudian diolah, agar bila terpaksa harus dibuang ke sungai tidak menyebabkan terjadinya pencemaran air. Bahkan kalau dapat setelah diolah tidak dibuang ke sungai melainkan dapat digunakan lagi untuk keperluan industri sendiri.
Sampah padat dari rumah tangga berupa plastik atau serat sintetis yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme dipisahkan, kemudian diolah menjadi bahan lain yang berguna, misalnya dapat diolah menjadi keset. Sampah organik yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme dikubur dalam lubang tanah, kemudian kalau sudah membusuk dapat digunakan sebagai pupuk.






BAB 3
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan

Hidrosfer adalah lapisan air yang ada di permukaan bumi. Di dalam hidrosfer, terjadi siklus hiodrosfer. Siklus hidrosfer disebut juga siklus hidrologi. Siklus hidrologi adalah suatu proses peredaran atau daur ulang air secara berurutan dan terus-menerus. Siklus hidrologi dibedakan menjadi tiga, yaitu siklus pendek/siklus kecil, siklus sedang dan siklus panjang/siklus besar. Air dapat dibedakan menjadi dua, yaitu air tanah dan air permukaan. Air tanah bisa digolongkan lagi menjadi air tanah preatis dan air tanah artesis. Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni perairan daratan dan perairan laut.

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia.

Pemanfaatan terbesar danau, sungai, lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata. Pencemaran air merupakan masalah global utama yang membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan sumber daya air pada semua tingkat (dari tingkat internasional hingga sumber air pribadi dan sumur).

Air biasanya disebut tercemar ketika terganggu oleh kontaminan antropogenik dan ketika tidak bisa mendukung kehidupan manusia, seperti air minum, dan/atau mengalami pergeseran ditandai dalam kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik, seperti ikan. Fenomena alam seperti gunung berapi, algae blooms, badai, dan gempa bumi juga menyebabkan perubahan besar dalam kualitas air dan status ekologi air.


B. Saran

Untuk mencegah agar tidak terjadi pencemaran air, dalam aktivitas kita dalam memenuhi kebutuhan hidup hendaknya tidak menambah terjadinya bahan pencemar antara lain tidak membuang sampah rumah tangga, sampah rumah sakit, sampah/limbah industri secara sembarangan, tidak membuang ke dalam air sungai, danau ataupun ke dalam selokan.

Tidak menggunakan pupuk dan pestisida secara berlebihan, karena sisa pupuk dan pestisida akan mencemari air di lingkungan tanah pertanian. Tidak menggunakan deterjen fosfat, karena senyawa fosfat merupakan makanan bagi tanaman air seperti enceng gondok yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air.